Kamis, 04 Maret 2010

KEBIJAKSANAAN WBF TENTANG ALERT (text asli : diambil dari catatan BERT TOAR POLII, wakil sekjen GABSI )

Kebijaksanaan WBF tentang Alert

Mukadimah
1. Tujuannya untuk menyeragamkan kebijaksanaan WBF untuk digunakan di semua event yang diselenggarakan oleh WBF;
2. Hal ini tidak dimaksudkan untuk mengganti kebijaksanaan tentang alert yang digunakan oleh Zone dan negara anggota WBF;
3. Penjelasan yang lengkap adalah sangat penting. Bagaimanapun pemain yang berpartisipasi dalam event WBF diharapkan melindungi dirinya terhadap untuk sebagian besar. Mereka juga diharapankan untuk menghormati semangat dari Law termasuk isinya.
4. Kebijaksanaan ini dibuat sesederhana mungkin. Pemain, bagaimanapun juga, diharapkan memberikan alert dimana terjadi keragu-raguan. (Dimana tirai digunakan, alert di satu sisi tirai tetapi tidak di sisi yang lainnya tidak perlu dinyatakan secara tidak langsung sebuah pelanggaran).

Kebijaksanaan
Tawaran – tawaran berikut ini wajib diberi tanda alert :
1. Tawaran artificial;
2. Tawaran yang mempunyai arti tertentu yang didasarkan atas atau mengarah ke pengertian tertentu antar partner (pemain dapat tidak melakukan Tawaran ataupun permainan yang berdasarkan saling pengertian partnership yang khusus kecuali apabila lawan dapat dengan layak diharapkan dapat mengartikannya atau jika pihaknya menjelaskan penggunaan Tawaran ataupun permainan sesuai dengan peraturan penyelenggara);
3. Non-Forcing Jump di warna baru terhadap tawaran pembukaan atau overcall dan response yang berarti Non-Forcing di warna baru oleh tangan yang belum pernah pass terhadap tawaran pembukaan.

Jika Tirai tidak digunakan, tanda alert tidak diperlukan untuk tawaran-tawaran di bawah ini :
1. Semua Double;
2. Semua Tawaran NT yang menunjukkan balanced, semi-balanced atau kontrak NT;
3. Semua Tawaran pada tingkat empat atau yang lebih tinggi, dengan pengecualian Tawaran Artificial pada putaran pertama penawaran.

Meskipun demikian, pemain harus menghormati semangat dari kebijaksanaan termasuk isinya.

1 komentar:

D513 mengatakan...

Catatan Bung Bertje, tanggal : 09 Februari 2010 jam 12:51