Kamis, 04 Maret 2010

KEBIJAKSANAAN WBF TENTANG SISTEM PENAWARAN 2002 (text asli : diambil dari catatan BERT TOAR POLII, wakil sekjen GABSI )

KEBIJAKSANAAN WBF
TENTANG SISTEM PENAWARAN 2002

1. TUJUAN
Demi untuk menjamin setiap kejuaraan yang diselenggarakan oleh World Bridge Federation dapat dilaksanakan dan dikelola dengan sebaik-baiknya, serta setiap peserta mendapat kesempatan yang adil dan sama maka diusahakan memberi perhatian yang layak demi kemajuan dan inovasi; dan untuk menjamin para peserta untuk tidak ragu-ragu seperti apa yang mereka harapkan dalam mempersiapkan dan mengisi materi sistem penawaran di dalam Kejuaraan WBF.

2. DEFINISI
2.1. Umum
Average Hand : Pegangan yang memiliki 10 HCP tanpa point distribusi.
Weak : Pegangan yang memiliki kekuatan di bawah Pegangan Rata-Rata.
Strong : Pegangan yang memiliki kekuatan satu King atau lebih di atas Pegangan Rata-Rata.
Natural : Tawaran ataupun Permainan yang bukan merupakan suatu konvensi (seperti yang didefinisikan di dalam Law).
Length : Tiga Kartu atau lebih.
Shortage : Dua Kartu atau kurang.
Long Match : Pertandingan yang memainkan 17 atau lebih papan.
Short Match : Pertandingan yang memainkan kurang dari 17 papan.

2.2. HUM Systems
Sebagaimana yang dimaksudkan dalam kebijaksanaan ini, Highly Unusual Methods (HUM) berarti sistem yang memperlihatkan salah satu atau lebih ciri-ciri berikut ini sebagai satu bagian dari perjanjian partnership :
a. Pass pada posisi pembukaan penawaran menunjukkan point minimal yang umum digunakan untuk tawaran pembukaan normal tingkat satu, meskipun ada kemungkinan alternatif pegangan lemah;
b. Dalam perjanjian partnership, tawaran pembukaan pada tingkat satu dapat dilakukan dengan pegangan yang lebih lemah dari pass;
c. Dalam perjanjian partnership, tawaran pembukaan pada tingkat satu dapat dilakukan dengan pegangan berkekuatan satu king atau lebih rendah, dari pegangan rata-rata;
d. Dalam perjanjian partnership, tawaran pembukaan pada tingkat satu menunjukkan salah satu dari kemungkinan berikut ini : panjang atau pendek di warna tersebut;
e. Dalam perjanjian partnership, tawaran pembukaan pada tingkat satu menunjukkan salah satu dari kemungkinan berikut ini : panjang di warna tersebut atau panjang di warna yang lain;

Pengecualian : Pembukaan minor dalam sistem Strong Club atau Diamond.

2.3. Klasifikasi Sistem
Agar mempermudahkan dalam mengingat dan menghadapi, materi sistem penawaran dapat diidentifikasikan ke dalam salah satu atau lebih tanda di bawah ini :
(i) Stiker WBF;
(ii) Penamanan yang sesuai dengan warna;
(iii) Tanda dalam kartu konvensi sesuai dengan warna sistem, sebagai berikut :

Green Natural
Blue Strong Club atau Diamond, dimana pembukaan 1 Club atau Diamond selalu menunjukkan pengangan kuat
Red Sistem yang artificial. Kategori ini meliputi semua sistem artificial yang tidak termasuk di dalam definisi Sistem HUM (Yellow) dan sistem dengan Blue sticker.
Sebagai Contoh :
-. Pembukaan 1 Club yang menunjukkan salah satu dari ketiga tipe pegangan berikut ini : Warna Club – natural, pegangan balanced dengan batasan point tertentu, atau pegangan strong.
-. Suatu sistem dengan metode dasar (di luar batasan NT) sangat tergantung dari posisi, keadaan papan dan yang sejenis itu.
-. Suatu sistem yang menggunakan Tawaran “Weak” atau mempunyai banyak arti (dengan atau tanpa pilihan lemah) dalam penawaran kompetitif yang tidak termasuk dalam Buku Konvensi WBF.
Yellow Highly Unusual Methods seperti yang didefinisikan di atas.

2.4. Konvensi dan Perjanjian Brown Sticker
Konvensi dan Perjanjian di bawah ini termasuk di dalam kategori Brown Sticker :
a. Semua Tawaran Pembuka dari 2 Club sampai 3 Spade yang :
i) berarti lemah (dengan perjanjian dapat dilakukan dengan point di bawah Pegangan Rata-Rata) dan
ii) Tidak menjanjikan minimal 4 kartu di warna tertentu.
Pengecualian
-. Tawaran yang menunjukkan 4 kartu di warna tertentu dengan pegangan lemah. Jika Tawaran tidak menunjukkan 4 kartu maka harus dengan pegangan dengan kekuatan satu King atau lebih dari Pegangan Rata-Rata. (Penjelasan: Dimana semua pegangan lemah menunjukkan minimal 4 kartu di warna tertentu, dan pegangan kuat menunjukkan pegangan dengan kekuatan satu King di atas Pegangan Rata-Rata).
-. Pembukaan tingkat 2 di warna minor yang menunjukkan Weak Two di salah satu warna Major, dengan atau tanpa kemungkinan pegangan bertipe kuat, seperti yang dijelaskan di dalam Buku Konvensi WBF.
b. Tawaran overcall terhadap pembukaan natural di salah satu warna yang tidak menjanjikan minimal 4 kartu di warna tertentu.
Pengecualian
-. Overcall Natural terhadap No-Trump.
-. Semua Cue Bid terhadap warna yang menunjukkan pegangan kuat.
-. Jump Cue Bid terhadap warna tertentu lawan yang bermaksud menanyakan stopper kepada partner untuk bid 3NT jika punya.
c. Semua Tawaran Weak dengan dua warna di tingkat dua atau tiga yang mungkin dengan perjanjian dapat dilakukan dengan 3 kartu atau lebih sedikit di salah satu warna.
d. Tawaran psychic yang diproteksi ataupun dibutuhkan oleh sistem penawaran.
e. Tidak ada larangan yang terlebih dahulu menyinggung ke defense konvensional terhadap Strong, Tawaran pembuka artificial atau defense terhadap konvensional Brown Sticker atau HUM.

Tambahan untuk klasifikasi sistem pada point 2.3. di atas, semua partnership yang menggunakan satu atau lebih konvensi Brown Sticker harus mengindikasikannya di dalam klasifikasi sistemnya.


2.5. Sinyal Yang Tersembunyi
Tambahan untuk pelarangan di dalam metoda penawaran dan konvensi di atas, pemain tidak diijinkan untuk menggunakan metoda sinyal dimana pesan yang disampaikan oleh sinyal tersembunyi dari declarer, karena hanya tersedia untuk defender. (Sinyal Yang Tersembunyi tidak diperbolehkan).

2.6. Pembukaan Acak
Tidak diperbolehkan untuk membuka dengan pegangan yang, dengan perjanjian, dapat dengan 8 HCP dan dimana definisi lanjutannya tidak tersedia.

3. SISTEM PENAWARAN YANG DIIJINKAN DALAM KEJUARAAN WBF
Sehubungan dengan aspek sistem penawaran yang diijinkan pada kejuaraan yang diselenggarakan oleh WBF, maka dapat dikategorikan ke dalam 3 (tiga) kategori yaitu :
3.1. Kategori 1
Bermuda Bowl dan Venice Cup
Dalam event di atas semua sistem penawaran diijinkan untuk digunakan, dengan pemberian penjelasan yang memadai, tetapi regu yang menggunakan Sistem HUM (Yellow) diwajibkan menyerahkan Kartu Konvensinya lebih awal sesuai dengan Peraturan Pertandingan dan akan mendapat pengurangan hak penempatan pemain, seperti berikut :
Jika suatu regu mempunyai satu atau lebih pasangan yang menggunakan Sistem HUM (Yellow) menghadapi regu yang tidak memiliki pasangan yang menggunakan Sistem HUM (Yellow), maka regu tersebut akan menjadi Regu Tamu dan wajib selalu mengisi lines-up terlebih dahulu.
Tidak ada hak istimewa atau pembatasan line-ups yang diberlakukan jika regu yang mempunyai pasangan yang menggunakan Sistem HUM (Yellow) (mengenai line-ups) berhadapan.

3.2. Kategori 2
Babak Knock Out dalam Olimpiade dan Kejuaraan Beregu yang diputuskan oleh WBF Rules and Regulations Committee
Penggunaan Sistem HUM (Yellow) diijinkan.
Konvensi Brown Sticker diijinkan, dengan memberikan penjelasan yang memadai, tetapi pasangan yang menggunakannya harus menyerahkan Kartu Konvensi dan Formulir Brown Sticker lebih awal sesuai dengan Peraturan Pertandingan. Pada waktu yang sama defense yang disarankan terhadap Konvensi Brown Sticker juga disertakan dalam Kartu Konvensi. Hal ini merupakan bagian dari Kartu Konvensi dan mungkin akan digunakan oleh lawan pada saat di meja.
3.3. Kategori 3
Semua kejuaraan dan turnamen yang diadakan oleh WBF dan Babak-Babak yang tidak termasuk di dalam kategori 1 dan 2 di atas.
Penggunaan Sistem HUM (Yellow) dan Konvensi Brown Sticker tidak diijinkan.

4. MATERI SISTEM PENAWARAN
Untuk kategori 1, dimana Sistem HUM (Yellow) diijinkan, semua pasangan yang menggunakan Sistem HUM (Yellow) diwajibkan (dalam waktu normal pengisian Kartu Konvensi dan Lembar Tambahan) untuk menyerahkan seluruh sistem penawaran dengan lengkap di dalam bahasa Inggris lebih awal sebelum dimulainya kejuaraan sesuai dengan Peraturan Pertandingan.
Pasangan yang menggunakan sistem dengan warna Green, Blue dan Red dapat menyerahkan seluruh sistem penawaran dengan lengkap pada saat dimulainya Kejuaraan, agar dapat mendokumentasikan posisi mereka apabila terjadi appeal.
Dalam Keputusan yang akan diambil oleh PP atau KA, pasangan yang menyerahkan sistem penawaran dengan lengkap akan mendapat keuntungan, karena akan mendukung keterangan yang diberikan di atas meja.

5. KARTU KONVENSI DAN LEMBAR TAMBAHAN
Prinsip dari penjelasan yang memadai adalah seluruh peserta memberikan penjelasana terhadap semua konvensi dan perjanjian yang membutuhkan persiapan Defensive Bidding. Dalam hal ini Lembar Tambahan berguna untuk memberikan penjelasan yang diperlukan.
Penggunaan Lembar Tambahan

Semua Konvensi dan Perjanjian yang membutuhkan persiapan Defensive Bidding harus ditulis di halaman depan Bagian kanan Kartu Konvensi. Hal ini harus dijelaskan dengan lengkap dan
(termasuk perjanjian kompetitif)

Halaman Depan Bagian Kanan Kartu Konvensi harus terdiri dari :
i) Semua Pembukaan Artificial (kecuali Pembukaan 1Cx/2Cx Strong)
ii) Response terhadap Pembukaan Natural yang berarti Weak dan Konvensional
iii) Semua Penawaran Konvensional yang digunakan

Pasangan yang menggunakan Tawaran yang seharusnya tertera di dalam Kartu Konvensi, tetapi tidak, dan lawannya tidak mencapai kontrak yang terbaik yang bisa dicapai, akan mengakibatkan lawannya mengalami kerugian karena tidak dapat mempersiapkan Defensive Bidding. Pasangan ini dapat dikenakan penalti prosedural.

Pasangan yang menggunakan Sistem HUM (Yellow) dan Konvensi Brown Sticker mempunyai kewajiban untuk memberikan penjelasan yang lengkap terhadap Tawaran dan arti tawaran lanjutannya (khususnya tawaran kompetitif lanjutan). Jika pasangan mengunakan Tawaran yang tidak dijelaskan secara lengkap, maka anggapan yang sama dari kekurangan penjelasan yang terdahulu (dengan penyesuaian dan penalti seperti yang dijelaskan pada paragraf terdahulu) berlaku. Masalah terhadap sistem harus diserahkan kepada Ketua Komite Sistem atau yang mewakilinya sesuai perincian yang ada dalam peraturan pertandingan.
Setiap penyelenggaraan kejuaraan, dalam Peraturan Pertandingan akan ditetapkan batas waktu, alamat pengiriman Kartu Konvensi. Keterlambatan dalam memenuhi hal di atas dapat dikenakan penalti sesuai dengan peraturan pertandingan yang berlaku, yang akan dijelaskan secara lengkap.
Setelah batas akhir penyerahan Kartu Konvensi berakhir, kebijaksanaan berikut ini berlaku untuk perubahan Kartu Konvensi dan Lembar Tambahan :
a) Penghilangan artikel atau pernyataan diijinkan setelah mendapat persetujuan dari Ketua Komite Sistem atau wakilnya.
b) Perubahan perjanjian dengan yang lain atau perbaikan, dimana bukan merupakan unsur Konvensi Brown Sticker, biasanya diijinkan. Ijin dari Ketua Komisi sistem dibutuhkan untuk penggunaan perjanjian yang baru, tetapi biasanya dapat digunakan pada hari kedua setelah pemberitahuan perubahan diberikan kepada seluruh peserta.
c) Perubahan Konvensi Brown Sticker dengan Konvensi Brown Sticker yang lain atau penggunaan Konvensi Brown Sticker yang baru tidak diperbolehkan.

Hal ini sangat ditekankan dan para peserta harus membuat catatan, bahwa kebijaksanaan dinyatakan di atas akan digunakan dengan tepat.

6. DEFENSE TERHADAP SISTEM HUM (YELLOW) DAN KONVENSI BROWN STICKER
Untuk Kategori 1, peraturan berikut ini berlaku untuk melakukan defense terhadap Sistem HUM (Yellow).
i) Pasangan yang menghadapi pasangan yang menggunakan Sistem HUM (Yellow) harus menyerahkan Defensive Bidding (2 copy) pada saat dan tempat yang telah ditentukan sebelum dimulainya sesi yang bersangkutan.
ii) Dalam persiapan defense terhadap Sistem HUM (Yellow), pasangan yang menggunakan sistem Green, Blue dan Red diijinkan untuk merubah sistem penawarannya termasuk Tawaran Pembuka. Pasangan yang menggunakan Sistem HUM (Yellow) tidak diijinkan merubah Tawaran Pembukanya.
iii) Pasangan yang menggunakan Sistem HUM (Yellow) harus memberikan informasi dalam tulisan (dua copy) tentang defensive bidding mereka menghadapi defensive bidding lawan sebelum dimulainya suatu sesi. Dalam mempersiapkan counter-defense, pasangan yang menggunakan Sistem HUM (Yellow) tidak diperbolehkan mengganti seluruh aspek highly artificial dari sistemnya.

Untuk Kategori 1 dan 2, peraturan berikut ini berlaku untuk melakukan defense terhadap Konvensi Brown Sticker :
Setiap pasangan diijinkan untuk membuat defense secara tertulis untuk menghadapi unsur Konvensi Brown Sticker dari semua sistem. Lembar Defensive Bidding ini harus diberikan kepada lawan pada saat dan tempat tertentu sebelum dimulainya sesi yang bersangkutan sesuai dengan Peraturan Pertandingan. Defensive Bidding ini merupakan bagian dari Kartu Konvensi Lawan.

7. JUMLAH SISTEM YANG DAPAT DIGUNAKAN OLEH SETIAP REGU
Untuk Kategori 1, maksimal 4 sistem Red atau HUM, dimana hanya 3 Sistem HUM (Yellow) yang boleh dipergunakan untuk setiap regu peserta. Sistem penawaran untuk tujuan bagian ini, boleh terdiri dari metoda yang berbeda untuk keadaan yang berlainan.
Kedua anggota tim dari partnership wajib menyetujui metode penawaran dan permainan kartu yang sama.

1 komentar:

D513 mengatakan...

catatan Bung Bertje, tanggal : 09 Februari 2010 jam 16:23